PROFIL SINGKAT

Perpustakaan Pusdiklat Perdagangan merupakan Perpustakaan yang berada di bawah unit eselon 2 Pusat Pendidikan dan Pelatihan Perdagangan Kementerian Perdagangan. Layanan Perpustakaan Pusdiklat Perdagangan terbuka untuk staf Kementerian Perdagangan, para peserta diklat, alumni diklat dan masyarakat umum.

SEJARAH SINGKAT 

Perpustakaan Pusdiklat Perdagangan pertama kali didirikan pada tahun 1973, berkedudukan di Kampus Diklat /ADIP, Jl .S. Parman Grogol Jakarta Barat dengan jumlah pegawai yang mengelola perpustakaan hanya 2 (dua) orang dan memiliki 150 judul buku 400 eksemplar. Beberapa kali lokasi kantor Pusdiklat Perdagangan mengalami perpindahan sehingga perpustakaan juga ikut berpindah tempat.

Sampai pada tahun 2009, tepatnya tanggal 17 Maret 2009 Pusdiklat Perdagangan telah resmi menempati Gedung milik sendiri dengan luas tanah lebih kurang 21.500 meter persegi yang berlokasi di Jalan Abdul Wahab No. 38, Kedaung, Sawangan, Depok, Jawa Barat. Saat itu, Perpustakaan Pusdiklat Perdagangan menempati salah satu ruangan di lantai 3 dengan jumlah pegawai yang mengelola perpustakaan sebanyak 4 (empat) orang. Beberapa hari kemudian perpustakaan pindah ke ruangan yang berada di lantai 1.

Pada bulan Maret 2020, Perpustakaan Pusdiklat Perdagangan pindah ke salah satu ruangan di lantai satu gedung baru Pusdiklat Perdagangan. Sampai dengan bulan Desember 2020 jumlah koleksi buku di Perpustakaan Pusdiklat Perdagangan sebanyak 4500 judul 7384 eksemplar. Dan jumlah SDM pengelola perpustakaan sebanyak 2 orang, keduanya merupakan pustakawan.

VISI PERPUSTAKAAN 

Menjadikan Perpustakaan Pusdiklat Perdagangan sebagai sumber informasi dan literatur mengenai dunia perdagangan dan aparatur pemerintahan dengan layanan prima.

MISI PERPUSTAKAAN 

Meningkatkan kualitas pelayanan prima kepada pengunjung perpustakaan terutama kepada civitas Pusdiklat Perdagangan dan kalangan dunia usaha dalam upaya mengembangkan pengetahuan di bidang perdagangan dan aparatur pemerintahan.

MOTO PERPUSTAKAAN

TERKINI : “Tempat Edukasi yang Ramah, Komunikatif, Informatif, Nyaman & Inspiratif”.

 

JENIS PELAYANAN

  • Layanan Sirkulasi    .
  • Layanan Referensi
  • Penelusuran Informasi
  • Bimbingan Pengguna  
  • Layanan Keanggotaan Perpustakaan

SARANA DAN PRASARANA PERPUSTAKAAN

  1. Ruang baca dan diskusi
  2. Online Public Access Catalogue (OPAC) dilengkapi dengan akses internet.
  3. Loker.
  4. Ruang Internet dan Audio Visual.
  5. Wifi

WAKTU LAYANAN PERPUSTAKAAN

Senin – Jumat        = 09.00 s.d. 16.30 WIB (Apabila tidak ada pelatihan)

Senin – Jumat        = 09.00 s.d. 20.00 WIB (Apabila ada pelatihan)

PERSYARATAN MENJADI ANGGOTA PERPUSTAKAAN

  • ​​​Terdaftar sebagai Pegawai Kementerian Perdagangan
  • Pegawai instansi lain atau masyarakat umum yang sedang mengikuti kegiatan pelatihan yang diselenggarakan oleh Pusdiklat Perdagangan
  • Mengisi formulir permohonan menjadi anggota Perpustakaan
  • Bersedia mengikuti aturan atau prosedur layanan Perpustakaan.

PROSEDUR PEMINJAMAN KOLEKSI PERPUSTAKAAN

  • Menunjukkan kartu anggota
  • Mengisi formulir peminjaman
  • Waktu Peminjaman koleksi yaitu 7 hari dengan 2 kali perpanjangan
  • Jumlah Koleksi yang dipinjam maksimal 3 item 
  • Biaya/Tarif: Biaya Pelayanan Perpustakaan gratis serta penggadaan fotokopi maksimal 10 lembar gratis dan apabila melebihi dibebankan kepada pengguna.

KONTAK KAMI

Alamat: Jl. Abdul Wahab No.8 Cinangka, Sawangan Depok, Jawa Barat Indonesia, 16516

Phone: 021-7423226

Fax: 021-7422570

Email : lib.pusdiklatdag@gmail.com

Social Media: @lib.pusdiklatdag (Fb page & instagram)

 

Penanganan Pengaduan, Saran dan Masukan

Pengaduan, saran, dan masukan dapat dilakukan dengan memasukkan dalam kotak pengaduan yang tersedia di Ruang Lobby Pusdiklat Perdagangan Gedung Lantai 1/atau melalui surat, datang, fax, telepon, email pada alamat di atas. 


Informasi


Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog